UMM Institutional Repository

NILAI-NILAI KULTURAL JAWA DALAM KEHIDUPAN WONG CILIK PADA NOVEL CANTING KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

FITRIYAH, ULUL (2012) NILAI-NILAI KULTURAL JAWA DALAM KEHIDUPAN WONG CILIK PADA NOVEL CANTING KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ululfitriy-28739-2-babi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ululfitriy-28739-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu komunitas masyarakat tentunya mempunyai suatu nilai-nilai yang dianut bersama. Demikian halnya dengan masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa tentu memiliki kultur atau budaya yang diyakini dan dijunjung tinggi masyarakatnya. Nilai-nilai kultural Jawa merupakan bagian dari budaya yang berupa ideas atau ide yang sifatnya abstrak atau nonmaterial. Nilai-nilai tersebut teraktualisasi dalam figur wong cilik dalam kehidupan masyarakat Jawa yang menjadi tokoh sentral dalam novel Canting. Wong cilik adalah salah satu simbol masyarakat Jawa yang sangat menjunjung tinggi kultur yang ada dalam masyarakatnya, yaitu Jawa. Penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra sebagai dasar untuk menganalisis. Sastra merupakan cermin langsung dari berbagai struktur pribadi hubungan sosial, dan lain-lain. Oleh sebab itu, di sini tugas sosiologi sastra menghubungkan tokoh-tokoh khayali dan situasi ciptaan pengarang dengan keadaan sejarah asal-usulnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan(1)nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan pribadi wong cilik dalam novel Canting,(2) nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan sosial wong cilik dalam novel Canting,(3) nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan religi wong cilik dalam novel Canting. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa paparan-paparan bahasa yang dibagi menjadi tiga, yaitu monolog, dialog, dan narasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara (1) membaca novel secara berulang-ulang,(2)memilih instrumen penelitian, (3) memilih dan menentukan data pada paparan bahasa yang berupa monolog, diaolog, dan narasi berdasarkan instrumen penelitian,dan (4) melakukan klasifikasi data berdasarkan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian dapat diklasifikasikan yaitu,(1)nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan pribadi wong cilik yakni nrima, (2) nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan sosial wong cilik yaitu hormat, suba sita, dan (3) nilai-nilai kultural Jawa dalam kehidupan religi wong cilik yaitu percaya pada ilmu gaib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 May 2016 07:46
Last Modified: 10 May 2016 07:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo