UMM Institutional Repository

KEPEMIMPINAN LOKAL DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI DAERAH (Studi Peran Pemimpin Adat "Mosalaki" Di Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur)

Ahimsah, Bahrun Rafiudin (2012) KEPEMIMPINAN LOKAL DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI DAERAH (Studi Peran Pemimpin Adat "Mosalaki" Di Kabupaten Ende Propinsi Nusa Tenggara Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bahrunrafi-29261-1-pendahul-n.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bahrunrafi-29261-2-babipe-n.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Mosalaki menjadi pusat kajian yang tepat untuk membahas peran kepemimpinan lokal dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah, sehingga memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Ende yang sejahtera dan dapat menjadikan tolak ukur pengembangan daerah yang menjadi agenda besar dalam keberhasilan otonomi daerah. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua wilayah persekutuan adat yang ada di Kabupaten Ende, yaitu Ende dan Lio dengan representatif dari masing-masing persekutuan adat. Informan terkait pemilihan subjek penelitian pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan data skunder yang diperoleh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik pengelolahan data kualitatif dengan reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Peran Mosalaki dalam penyelenggaraan pemerintahan secara empiris mempengaruhi keputusan dan kebijakan Pemerintah daerah setempat. Alhasil, tidak sedikit Mosalaki yang terlibat dan terjun didalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Ende mulai dari proses perumusan kebijakan publik, sampai pada pelayanan terhadap masyarakat. Keterlibatan Mosalaki dalam pembangunan daerah, Mosalaki memiliki peran yang sentral dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Ende. Konflik yang selama ini terjadi di Kabupaten Ende terkait pelaksanaan pembangunan merupakan akibat tidak dilibatkannya mosalaki dalam rencana pembangunan. mosalaki memiliki peran yang sentral Sehingga partisipasi setiap lapisan secara kolaboratif dapat mensukseskan pembangunan dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Ende. Dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Ende, eksistensi persekutuan adat sangatlah besar dalam membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dengan keterlibatan pemangku kepentingan (Stakeholders) seperti Mosalaki sebagai pemimpin adat. Pola hubungan seperti itu harus lebih ditingkatkan antara, pemerintah daerah, Mosalaki, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan di Kabupaten Ende.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 10 May 2016 07:45
Last Modified: 13 Mar 2018 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29410

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo