UMM Institutional Repository

ANALISIS DIKSI PADA PENAMAAN PAPAN NAMA USAHA DI KOTA MALANG

FITRIYAH, LATIFATUL (2012) ANALISIS DIKSI PADA PENAMAAN PAPAN NAMA USAHA DI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--latifatulf-27897-1-pendahul-n.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--latifatulf-27897-2-babi.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Drs. Ajang Budiman, M.Hum; Pembimbing II: Dra. Hari Windu Asrini, MSi. Ragam bahasa yang digunakan dalam penamaan papan usaha memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan ragam bahasa yang lain. Kekhususan tersebut terlihat dari beragamnya corak dan bentuk yang ditampilkan sebagaimana terlihat pada papan nama usaha yang terdapat di depan tempat-tempat usaha. Penyusunan dan penulisan nama pada papan nama usaha tersebut dimaksudkan untuk menarik perhatian khalayak. Dengan demikian, sebuah nama memang sangat penting keberadaanya dalam interaksi antar manusia. Nama sebagai pengenal sangatlah penting, karena itu penelitian ini difokuskan pada upaya mengkaji kekhasan cara penulisan nama pada papan nama usaha di kota Malang. Kota Malang yang dimaksud adalah area jalan Raya Sengkaling sampai jalan Soekarno Hatta Malang. Di area jalan tersebut, peneliti melihat banyak papan nama usaha yang unik dan menarik. Keunikan dan kemenarikan nama usaha tersebut, terlihat dari gaya/style pemberian nama pada papan nama usaha tersebut. Oleh karena itulah dalam penelitian ini peneliti mengangkat dua persoalan yang terkait dengan analisis diksi, yaitu: 1) bentuk diksi yang digunakan pada papan nama usaha di wilayah kota Malang, dan 2) makna penggunaan diksi tersebut. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam hal ini data yang akan dideskripsikan adalah data tentang bentuk dan makna diksi yang digunakan pada penamaan papan nama usaha di kota Malang. Data penelitian ini berupa nama-nama usaha yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi secara langsung pada nama-nama yang terdapat pada papan nama usaha di sepanjang jalan Raya Sengkaling sampai jalan Soekarno-Hatta Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya: 1) bentuk diksi yang digunakan dalam penamaan papan nama usaha adalah berupa frasa nomina. Frasa nomina tersebut terdiri dari unsur pembentuk yang berbeda, yaitu nomina diikuti nomina (N+N), nomina diikuti adjektiva (N+Adj), nomina diikuti verba (N+V), dan nomina diikuti numeral (N+Num). 2) Penggunaan diksi pada penamaan papan nama usaha mengandung beberapa makna, yaitu makna diksi yang menunjukkan tempat/lokasi usaha, mengenalkan jenis barang yang dijual atau jasa yang ditawarkan, mengenalkan identitas pemiliknya, menunjukkan bahwa jenis usahanya termasuk kategori waralaba (franchise), kualitas barang/jasa yang ditawarkan, dan merefleksikan harapan/doa akan keberlangsungan/keberhasilan usahanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 May 2016 04:13
Last Modified: 10 May 2016 04:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo