UMM Institutional Repository

REPRESENTASI HEGEMONI KEKUASAAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI

Windyaningrum, Novie Dyah (2012) REPRESENTASI HEGEMONI KEKUASAAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--noviedyahw-28078-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--noviedyahw-28078-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Pembimbing I: Dr. Hj. Sugiarti, M.Si Pembimbing II: Supriyadi, S.Pd Sastra merupakan ilusi dan manipulasi dari dunia dan kehidupan nyata. Di dalam karya sastra, terdapat sebuah hegemoni dan hampir sama dengan monopoli. Kedua-duanya saling menguasai. Hegemoni adalah realita yang terjadi di masyarakat saat ini. Masyarakat tingkat atas biasanya lebih memiliki kemampuan memimpin dan berkuasa. Sastra yang memiliki kandungan pemikiran yang terkait dengan sebuah ideologi adalah sastra yang memiliki jatidiri pada khususnya sang pengarang. Ketika ideologi bersama-sama membangun kekuasaan dengan politik, sastra menjadi alat politik untuk mengembangkan pemikiran ideologi itu dalam kemasan sastrawi. Sastra dalam hegemoni kekuasaan terefleksi melalui pikiran-pikiran pengarang yang dimanifestasikan melalui perilaku, pola tingkah tokoh. Sehingga ia memiliki hegemoni kekuasaan kepada orang lain seperti yang diinginkan. Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari mengkaji tentang politik, ideologi dan hegemoni kekuasaan yang terdapat dalam tokoh-tokohnya dan mengungkap realita sosial. Selain itu, hal menarik lainnya adalah gaya penceritaannya yang seolah-olah nyata dan pembaca diimajinasikan ke dalam cerita novel. Karena itulah dalam penelitian ini peneliti mengangkat dua persoalan yang terkait dengan kekuasaan, yaitu: (1) bagaimana representasi hegemoni kekuasaan yang ditampakkan melalui tokoh-tokoh dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, (2) bagaimana fungsi kekuasaan yang terefleksi melalui tokoh-tokoh dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa sekuen atau bagian-bagian (ungkapan dan kalimat) cerita dari novel yang berupa kutipan-kutipan yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian tersebut dan berkaitan dengan masalah kekuasaan yang direpresentasikan melalui tokoh utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hegemoni tampak pada dua tokoh utama, yaitu Srintil dan Rasus dan juga terdapat pada tokoh lain, (2) Representasi Hegemoni Kekuasaan (RHK), dibagi menjadi dua, yaitu wujud perilaku dan wujud simbol. Wujud perilaku dibagi lagi menjadi rela berkorban, mencintai dan menyayangi, berani, dendam dan benci. Sedangkan wujud simbol dibagi menjadi kecantikan dan ketampanan, keagungan, dan kekuatan. Fungsi Kekuasaan (FK) dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (RDP) ada dua, yaitu fungsi menyenangkan diri sendiri dan orang lain, dan juga fungsi memperkaya diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 May 2016 04:08
Last Modified: 10 May 2016 04:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo