UMM Institutional Repository

PANDANGAN HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ROJAK KARYA FIRA BASUKI

Rahmawati, Alista Septiana (2012) PANDANGAN HIDUP TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ROJAK KARYA FIRA BASUKI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--alistasept-28128-1-pendahul-n.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--alistasept-28128-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dra. Tuti Kusniarti, M.Si, M.Pd. (2) Supriyadi, S.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Rojak karya Fira Basuki yang di dalamnya terdapat berbagai pandangan hidup tokoh Janice sebagai tokoh utama yang mempengaruruhi para tokoh lain, dan pandangan hidup tokoh utama tersebut adalah hasil renungan yang meliputi cita-cita, kebajikan, usaha dan kepercayaan. Berkaitan dengan keunikan dan karakteristik sikap yang dimiliki novel Rojak, permasalahan penelitian ini mencakup (1) pandangan hidup hasil renungan dari segi cita-cita pada tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki; (2) pandangan hidup hasil renungan dari segi kebajikan pada tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki; (3) pandangan hidup hasil renungan dari segi usaha pada tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki; (4) pandangan hidup hasil renungan dari segi kepercayaan pada tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang di deskripsikan berupa kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan, data tersebut berupa pandangan hidup tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki. Data penelitian bersumber pada novel Rojak karya Fira Basuki. Wujud data penelitian ini berupa kutipan-kutipan cerita yang memiliki relevansi dengan permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan datanya berupa dokumentasi data. Teknik pengolahan datanya berupa analisis data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tokoh utama (Janice) menggambarkan tokoh yang memandang cita-cita sebagai sesuatu yang harus diwujudkan meskipun tokoh utama melakukannya dengan jalan yang salah dan dengan kerja keras. (2) Tokoh utama (Janice) menggambarkan kebajikan tokoh utama dengan selalu mengalah kepada Ibu mertuanya dan selalu meminta maaf terlebih dahulu kepada Ibu mertuanya. (3) Tokoh utama (Janice) menggambarkan usaha tokoh utama dengan bersabar kepada Ibu mertuanya dan berusaha untuk bisa bertemu dengan selingkuhannya tanpa diketahui suaminya. (4) Tokoh utama (Janice) menggambarkan tokoh yang memandang kepercayaan sebagai sesuatu keyakinan yang masing-masing orang percayai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 May 2016 03:59
Last Modified: 10 May 2016 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo