UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI BETRO KABUPATEN SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK

agustin, Devy (2012) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI BETRO KABUPATEN SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--devyagusti-28130-1-pendahul-n.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--devyagusti-28130-2-bab1.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si, M.Pd. (2) Drs. Sudjalil, M.Si, M.Pd Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD kelas III aspek menulis adalah mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. Dalam hal ini siswa dituntut untuk mampu menulis karangan sederhana dengan baik, namun kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Betro masih rendah. Rendahnya kemampuan ini disebabkan oleh faktor pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan guru selama ini cenderung lebih banyak materi yang diterima oleh siswa dibandingkan dengan praktik yang dilakukan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SD Negeri Betro kabupaten Sidoarjo digunakan media komik. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)bagaimanakan pelaksanaan dalam peningkatan hasil pembelajaran menulis dengan menggunakan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Betro? 2) bagaimanakan peningkatan hasil pembelajaran menulis karangan sederhana dengan menggunakan media komik bagi siswa kelas III SDN Betro?. Tujuan penelitian ini yaitu 1)mendeskripsikan pelaksanaan dalam peningkatan hasil pembelajaran menulis dengan menggunakan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Betro. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Betro setelah penerapan media komik. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kelas. Dengan demikian penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara teratur yang terdiri dari empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian yang diambil melalui tes dan nontes. Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan media komik hasil pembelajaran menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Betro kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatan hasil postest sebesar 21%. Hasil rata-rata tes menulis karangan sederhana pratindakan adalah 59, pada siklus I rata-rata menjadi 63,4 meningkat 7,4%, kemudian kembali meningkat menjadi 72,06 pada siklus ke II atau meningkat 13,6% dari siklus I. Dari hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran 1) Guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya lebih bervariasi dalam memilih teknik dan media pembelajaran. 2) Peneliti selanjutnya sebaiknya selalu mempertimbangkan media yang digunakan dalam penelitian, sesuai atau tidak media yang digunakan akan berpengaruh terhadap pemahaman dan nilai yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 May 2016 03:52
Last Modified: 10 May 2016 03:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo