UMM Institutional Repository

MOTIF DAN KEPUASAN AUDIENCE PADA PROGRAM BERITA TELEVISI (Studi pada Pirsawan Program Berita Trans TV di Perumahan Bukit Cemara Tidar)

MU’AHADAH, (2011) MOTIF DAN KEPUASAN AUDIENCE PADA PROGRAM BERITA TELEVISI (Studi pada Pirsawan Program Berita Trans TV di Perumahan Bukit Cemara Tidar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muahadah05-23584-PENDAHUL-N.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muahadah05-23584-BAB+I.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa di setiap masyarakat, mulai dari yang primitive hingga yang terkompleks memerlukan media sebagai alat untuk mendapatkan informasi, berbagai lapisan masyarakat menggunakan media massa untuk keperluan yang berbeda-beda, seperti radio, TV, surat kabar, dan yang lainnya. Oleh karena itu, media massa baik cetak maupun elektronik berusaha untuk memenuhi kebutuhan audience melalui program berita. Salah satunya adalah program berita Trans TV. Program berita trans TV berusaha untuk memenuhi kebutuhan audience dengan memberikan informasi seputar peristiwa yang terjadi di sekitar masyarakat serta peristiwa yang berkaitan dengan kondisi dunia. Motif dan pencarian kepuasan adalah titik awal dimana audience menggunakan media tertentu. Dalam menggunakan media massa, seseorang pasti mempunyai motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya, diantaranya motif informasi dan hiburan. Karena fungsi lain dari media massa adalah dapat memberikan hiburan. Oleh karena itu, ada berbagai macam kebutuhan yang dapat dipuaskan oleh media. Sebagai pihak yang dilayani oleh media massa serta sebagai audience yang aktif, pasti mempunyai motif tertentu dalam memirsa program berita Trans TV untuk memenuhi kebutuhannya. Motif awal tersebut yang nantinya akan mendorong audience untuk mencari kepuasan berdasarkan kebutuhan mereka. Motif apa saja yang mendasari mereka memirsa program berita Trans TV serta seberapa kuat motif dan tingginya kepuasan tersebut. Oleh karena itu, peneliti mengambil rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) motif apa saja yang muncul dalam diri audience dalam memirsa program berita televisi Trans TV, (2) adakah pengaruh motif terhadap kepuasan audience dalam memirsa program berita televisi Trans TV, (3) seberapa besar tingkat kepuasan audience terhadap program berita televisi Trans TV. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification, karena penelitian berkaitan dengan audience yang aktif. Kebanyakan riset Uses and Gratification memfokuskan motif pada variable independent yang mempengaruhi penggunaan media. Dalam konsep yang diteliti oleh Palm Green juga menanyakan apakah motif-motif khalayak itu dapat dipenuhi media. Konsep mengukur kepuasan ini disebut Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Penggunaan konsep ini memunculkan teori yang merupakan varian dari teori uses and gratification, yaitu teori expentansi values (nilai pengharapan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sedangkan tipe dasar dari penelitian ini adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran atau deskripsi terhadap obyek yang diteliti sebagaimana mestinya. Obyek peenlitian ini adalah Pirsawan (mereka yang memirsa program berita Trans TV) di Perumahan Bukit Cemara Tidar, kelurahan Karang Besuki, kecamatan Sukun, Malang.sampel dari penelitian ini sebanyak 88 orang yang di ambil dengan cara teknik simple random sampling yaitu secara acak tanpa membeda-bedakan strata. Setelah itu, peneliti menyebarkan angket kuesioner sebagai pengumpul data primer. Kuesioner tersebut kemudian di uji validitasnya dengan menggunakan rumus product moment serta di uji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha. Teknik analisis datanya dengan menggunakan z score yaitu untuk mengetahui motif apa yang muncul dalam diri audience. Sedangkan mean digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh motif terhadap kepuasan menggunakan uji F dan determinan dan seberapa tinggi kepuasan dengan menjumlahkan mean kepuasan secara keseluruhan. Sedangkan dari hasil penelitian diperoleh mean motif dari 16 item pernyataan responden 2,98. Hal tersebut menunjukkan bahwa motif audience cukup kuat. Sedangkan mean kepuasan dari 16 item pernyataan responden 3,44. Hal tersebut menunjukkan bahwa responden puas terhadap program berita Trans TV dan apabila dilihat berdasarkan individual responden dari 16 item pernyataan sebesar 75% responden menyatakan nilai kepuasan lebih besar atau sama dengan motif. Sedangkan 25% menayatakan nilai motif lebih besar dari kepuasan. Hal ini menunjukkan bahwa responden lebih banyak yang puas terhadap program berita Trans TV. Berdasarkan rumus z score diperole hasil bahwa motif yang paling banyak muncul adalah motif informasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwasanya motif yang paling banyak muncul adalah motif informasi yaitu sebanyak 32 orang responden. Sedangkan dari hasil uji F regresi diperoleh F hitung sebesar 54,802 > dari F tabel 3,96. Berarti motif mempengaruhi kepuasan. Sedangkan seberapa kuat motif mempengaruhi kepuasan ( R2 x 100 ) = 38,9%, artinya ada sekitar 61,1% variabel lain yang dapat mempengaruhi kepuasan. Berdasarkan hasil perhitungan mean kepuasan secara keseluruhan diperoleh hasil 55,07. Hal tersebut berarti responden puas terhadap program berita Trans TV. Oleh karena itu, tingkat kepuasan audience dalam memirsa program berita Trans TV sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 May 2016 03:15
Last Modified: 10 May 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29381

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo