UMM Institutional Repository

PREFERENSI PEMBACA PEREMPUAN TENTANG ISI TABLOID GENIE (Studi pada Ibu-ibu RT 04/RW 06 Argotunggal Lawang-Malang)

Rosanti, Wina Dwi (2011) PREFERENSI PEMBACA PEREMPUAN TENTANG ISI TABLOID GENIE (Studi pada Ibu-ibu RT 04/RW 06 Argotunggal Lawang-Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-winadwiros-23953-PENDAHUL-N.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-winadwiros-23953-BAB+I.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Salah satu wujud dari perkembangan teknologi komunikasi adalah munculnya beraneka ragam media massa yang semakin canggih, baik media cetak maupun elektronik. Dalam sebuah tabloid tata letak dari media ini sangat penting untuk diperhatikan karena berbeda dengan koran. Tabloid umumnya memenuhi halaman depannya dengan sampul yang menarik. Secara umum preferensi ibu-ibu terhadap sebuah tabloid infotaiment meliputi dari sampul, isi atau materi dari tabloid. Faktor-faktor tersebut dapat saja berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya atau antar ibu-ibu yang tentunya memiliki preferensi tersendiri terhadap tabloid yang hendak dibacanya. Berdasarkan hal tersebut menarik untuk diketahui lebih dalam tentang apa saja yang menjadi prefernsi ibu-ibu tehadap tabloid infortaiment. Rumusan permasalahan sebagai berikut: "Bagaimana preferensi ibu-ibu dalam membaca isi tabloid infotainment Genie? Sedangkan tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi ibu-ibu dalam membaca isi tabloid infotainment Genie. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian quasi eksperimental. Penelitian eksperimental dapat diartikan sebagai sebuah studi yang objektif, sistematis, dan terkontrol untuk memprediksi atau mengontrol fenomena. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat (cause and effect relationship), dengan cara mengekspos satu atau lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi eksperimen (Danim, 2002). Teknik Pengumpulan Data (1) kuesioner (2) dokumentasi. Sumber Data (a) data primer (data sekunder). Dalam penelitian ini teknik pengukuran data dilakukan menggunakan data instrumen skala ordinal degan menggunakan skala likert. Teknik analisis data tersebut dilakukan dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik yaitu pembuatan tabel distribusi jawaban responden kemudian menggunakan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Tingkat preferensi ibu-ibu dalam membaca isi tabloid Genie adalah bisa dilihat dari berbagai hal seperti halnya dalam penelitian ini. (a) Rubrik yang paling disukai adalah rubrik Hot News, yang paling tidak disukai adalah rubrik From You, (b) Gambar yang paling disukai ibu-ibu adalah tentang gambar artis, sedangkan yang paling tidak disukai adalah gambar sampul. (c) Desain yang paling disukai macam-macam bentuk huruf, ng paling tidak disukai adalah desain tata letak sampul (d) Iklan yang paling disukai adalah tentag peralatan rumah tangga, kemudian yang paling tidak disukai adalah mebelair/furniture (2) Faktor-faktor yang menentukan preferensi ibu-ibu terhadap informasi yang dicari pada isi tabloid Genie terutama dari rubrik, gambar, desain, dan iklan, di mana semuanya adalah dapat menentukan mana yang paling disukai oleh pembaca perempuan, mana yang menjadi perhatian utamanya dan mana yang mampu memenuhi keinginannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 May 2016 02:42
Last Modified: 10 May 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo