UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI GENDER DALAM RUMAH TANGGA PADA IKLAN DI TELEVISI ( Analisis Semiotika Terhadap Iklan Bayclin, Procold dan Sharp Aquamagic )

As Tofanny, Salim (2011) KONSTRUKSI GENDER DALAM RUMAH TANGGA PADA IKLAN DI TELEVISI ( Analisis Semiotika Terhadap Iklan Bayclin, Procold dan Sharp Aquamagic ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-salimastof-23956-Pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sepatianof-21572-Bab+I.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Periklanan adalah sebuah proses pembuatan pesan komunikasi nonpersonal yang berupa serangkaian pesan penjualan yang persuasive dari sponsor dengan menggunakan media massa untuk mempengaruhi calon pembeli potensial atas suatu produk tertentu. Bagian kehidupan dari masyarakat yang menarik digambarkan dalam sebuah iklan, antara lain adalah pencitraan perempuan dan laki-laki dalam budaya Indonesia. Ternyata perubahan ini juga terdapat pada beberapa iklan di televisi. Beberapa iklan di televisi menampakan adanya perubahan peranan gender dalam rumah tangga adalah produk Bayclin Pembersih Dapur versi Masak Untuk Mama, Procold versi Genteng Bocor, dan Sharp Aquamagic versi Sayang Listrik. Dalam iklan-iklan tersebut, yang menjadi target market produk yang diiklankan adalah perempuan dalam sebuah rumah tangga. Namun, yang menjadi tokoh iklan untuk produk tersebut adalah laki-laki. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Bagaimana Konstruksi Gender Dalam Rumah Tangga yang ditunjukkan oleh iklan Bayclin Pembersih Dapur versi Masak Untuk Mama, Procold versi Genteng Bocor, dan Sharp Aquamagic versi Sayang Listrik ?". Dengan tujuan untuk menginterprestasi konstruksi gender dalam rumah tangga yang ditunjukkan oleh beberapa iklan televisi tersebut. Pergeseran peranan gender dalam rumah tangga inilah yang semakin lama mengaburkan stereotype gender pada perempuan yang selalu harus di rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah ataupun menjadikan laki-laki sebagai satu-satunya pencari nafkah. Kini, laki-laki pun semakin peduli akan pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci, bahkan merawat anak-anak mereka. Apabila membicarakan tentang peran laki-laki dan perempuan maka akan melibatkan wilayah kerja dan aktivitas yang dibebankan pada masing-masing peran tersebut. Menurut kajian tempat dan jenis aktivitas yang dilakukan oleh sebuah peran dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu wilayah domestik dan wilayah publik (Widyatama, 2006:98). Aktivitas domestik adalah kegiatan yang berkisar pada kegiatan reproduksi, seperti menyiapkan masakan, menjaga kebersihan rumah, mengatur anak dan sebagainya. Sedangkan aktivitas publik merupakan segala kegiatan produktif yang berhubungan dengan masyarakat luas. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menemukan konstruksi peranan gender dalam rumah tangga dalam iklan televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis semiotik dari Roland Barthes, karena dalam pemahaman Barthes dalam sebuah tanda terdapat sebuah ideology dalam sebuah kebuadayaan. Kebudayaan mewujudkan dirinya di dalam teks dan dengan demikian ideologipun mewujudkan dirinya melalui berbagai kode yang merembes masuk ke dalam teks dalam bentuk penandaan penting, seperti tokoh, latar, sudut pandang, dan lain-lain. Sebuah tanda akan memiliki arti apabila dia diterapkan pada suatu konteks sehingga tanda akan membentuk sebuah arti tertentu. Sebagai contoh, tanda-tanda bahasa, seperti huruf, kata, kalimat, tidak memiliki arti pada dirinya sendiri. Bila tanda bahasa tersebut dirangkaikan atau ditetapkan pada suatu konteks maka dia akan memberikan makna. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam iklan di televisi terdapat kontruksi perubahan peranan gender dalam rumah tangga. Kegiatan dapur dan sumur diperankan oleh tokoh laki-laki untuk menggambarkan bahwa laki-laki tidak mengkhususkan dirinya pada pekerjaan publik dan menghindari pekerjaan domestik. Seperti iklan Bayclin, digambarkan oleh tokoh laki-laki yang sedang memasak di dapur. Kegiatan menyetrika oleh tokoh laki-laki ditunjukan oleh iklan Procold, dan kegiatan mencuci pakaian ditunjukan oleh iklan Sharp Aquamagic. Para tokoh laki-laki tersebut diperlihatkan mengerjakan kegiatan tersebut dengan kerelaan hatinya, sehingga mengesankan bahwa laki-laki tidak melakukan kegiatan tersebut dengan terpaksa. Laki-laki yang memiliki sifat maskulin kini sudah berubah menjadi feminin. Penggambaran perubahan ini mampu menjadi media perubahan dalam masyarakat Indonesia. Melalui perubahan tersebut, perempuan yang biasanya hanya bekerja di sektor domestik kini semakin merambah ke dalam sektor publik laki-laki, begitu pun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 May 2016 02:36
Last Modified: 10 May 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29356

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo