UMM Institutional Repository

ANIMATION MEDIA TO INCREASE STUDENT’S ACHIEVEMENT IN LEARNING ENGLISH AT SECOND GRADE OF SMA SHALAHUDDIN MALANG

HUSSEIN, FUAD (2012) ANIMATION MEDIA TO INCREASE STUDENT’S ACHIEVEMENT IN LEARNING ENGLISH AT SECOND GRADE OF SMA SHALAHUDDIN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fuadhussei-29438-1-pendahul-n.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fuadhussei-29438-2-chapteri.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang harus dipelajari oleh masyarakat, khususnya diantara pelajar, mulai dari TK hingga tingkat Perguruan Tinggi. Peneliti mendapat masalah bahwa prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tata bahasa, pada siswa kelas dua SMA shalahuddin masih rendah. Hal tersebut disebabkan media yang monoton yang digunakan oleh siswa, seperti papan tulis dan buku. Mereka membutuhkan media alternatif untuk belajar bahasa Inggris. Karena itu, peneliti memberikan media animasi sebagai media alternatif, yang dipercaya dapat memberikan motivasi kepada siswa dan membuat mereka memahami materi dengan cepat tanpa merasa bosan. Pada studi ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan karena peneliti melihat fakta bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tata bahasa pada siswa kelas dua SMA Shalahuddin Malang rendah. PTK memiliki empat langkah; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, peneliti menganalisa data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda dan kuesioner. Ada 2 siklus yang dilakukan selama penelitian, yaitu pra pengamatan dan siklus 1. Penelitian dihentikan di siklus 1 karena siswa telah mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM), yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 12 siswa (77.77%) telah memenuhi SKM dan hanya dua siswa (22.23%) tidak memenuhi SKM dengan rata-rata nilai 83.4. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media animasi bisa meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 09 May 2016 10:13
Last Modified: 09 May 2016 10:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29317

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo