UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN INSPIRED DALAM FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI PEMILIK AKUN FACEBOOK (Studi Terhadap Daftar Teman (Friendlist) Facebook INSPIRED)

WINARKO, DWI (2011) PENGARUH TERPAAN IKLAN INSPIRED DALAM FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI PEMILIK AKUN FACEBOOK (Studi Terhadap Daftar Teman (Friendlist) Facebook INSPIRED). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiwinarko-21093-Pendahul-n.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiwinarko-21093-BAB+I.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Facebook telah menjadi tren hidup bagi sebagian besar masyarakat. Karena media ini dianggab sebagai sumber informasi dan hiburan yang murah dan populer. Masyarakatpun menjadi sangat terbantu dengan teknologi satu ini. Maka tidak salah jika Facebook menjadi salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia. Popularitas Facebook tersebut kemudian dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan untuk mempromosikan produknya supaya lebih dikenal masyarakat luas. Hal ini juga dimanfaatkan oleh INSPIRED, salah satu distro terkemuka di kota Malang, yang juga membuat akun Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Berdasarkan penjelasan tersebut ditemukan rumusan masalah yaitu adakah pengaruh terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook terhadap minat beli pemilik akun Facebook? Dalam Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) menyatakan bahwa stimulus bagi organisme seseorang akan memberikan respon dari stimulus yang diterimanya. Dalam hal ini, apakah stimulus yang dimaksud yaitu terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook akan mempengaruhi respon yaitu minat beli pemilik akun Facebook? Dari pemikiran tersebut peneliti merumuskan rumusan penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh antara terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook terhadap minat beli pemilik akun Facebook? (2) bila ada, seberapa besarkah pengaruh itu? Tipe penelitiaan yang digunakan pada penelitian ini adalah ekspalanatif (explanatory research) yaitu penelitian untuk menguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan dengan pendekatan kuantitatif, yang menekankan pada analisis data dan angka. Objek penelitian pada penelitian ini adalah daftar teman atau friendlist dari Facebook INSPIRED, sedangakan sampel dari penelitian ini sebanyak 99 orang responden yang diperoleh denagn menggunakan teknik simple random sampling, dimana sampel diambil diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian peneliti menyebarkan kuisioner sebagai alat pengumpul data primer. Setelah melalui proses penelitian, kuisioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reabilitasnya dengan teknik Alpha. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi untuk menguji ada tidaknya pengaruh antara terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook terhadap minat beli mayarakat dan analisis koefisien determinasi untuk memprediksi besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perhitungan nilai koefisien korelasi diperoleh hasil sebesar 0.696, yang berati tedapat hubungan antara variabel bebas yaitu terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook dengan variabel terikat minat beli pemilik akun Facebook. Berdasarkan uji t, dapat diperoleh nilai thitung sebesar 9,535, sedangkan pada tingkat signifikansi 0.000 diperoleh ttabel dengan nilai sebesar 1.66 Hal tersebut berarti thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pemilik akun Facebook. Melalui perhitungan koefisien determinasi, dapat diketahui besarnya kontribusi atau pengaruh variabel bebas terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook terhadap variabel terikat minat beli pemilik akun Facebook adalah sebesar 48.4 %yang berarti terpaan iklan INSPIRED dalam Facebook mempengaruhi minat beli pemilik akun Facebook sebesar 48.4 %, dan sisanya sebesar 51.6 % minat beli pemilik akun Facebook dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penilitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 May 2016 04:16
Last Modified: 09 May 2016 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo