UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN BATOPORO BARAT I KEDUNGDUNG SAMPANG MADURA

Sulastri, (2012) PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN BATOPORO BARAT I KEDUNGDUNG SAMPANG MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulastri08-30235-1-pendahul-n.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sulastri08-30235-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Siswa perlu mendapatkan ruang yang cukup aktif dan dapat berinteraksi dengan siswa yang lain ketika proses pembelajaran berlangsung. Melalui interaksi tersebut siswa akan saling bertukar pendapat atau ide dan bertukar pengetahuan ketika mempelajari suatu materi pelajaran. khususnya pelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk dapat berinteraksi dengan siswa lain, saling bekerjasama, saling bertanggung jawab serta melatih siswa untuk memahami materi melalui diskusi kelompok adalah model pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Batoporo Barat I Kedungdung Sampang. Selain itu, untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan metode Numbered Head Together (NHT). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian tentang kelompok sasaran yang bertujuan mendeskripsikan atau memecahkan masalah nyata dalam bidang pendidikan, maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dengan metode NHT pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Batoporo Barat I Kedungdung Sampang melalui beberapa sintaks sebagai berikut: (1) penomoran, (2) pengajuan pertanyaan, (3) berpikir bersama, (4) pemberian jawaban. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut: Guru membagi nomor kepala kepada semua siswa, kelompok 1 dan 2 memakai nomor kepala yang warnanya berbeda. Sedangkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa cukup aktif mengikuti pembelajaran. Hampir semua siswa memiliki rasa percaya diri, aktif bertanya, menjawab pertanyaan, dan disiplin dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat diketahui bahwa pendekatan keterampilan proses dengan metode NHT dapat terlaksana dengan sangat baik sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru memiliki peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Sedangkan hasil belajar mencapai ketuntas secara klasikal dengan prosentase ketuntasan 95 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:45
Last Modified: 09 May 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29239

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo