UMM Institutional Repository

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM (Analisis Isi pada Film 300 Karya Zack Snyder)

FIRMANSYAH, BENY (2011) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM (Analisis Isi pada Film 300 Karya Zack Snyder). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-benyfirman-21096-PENDAHUL-N.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-benyfirman-21096-BAB+I.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Film sebagai salah satu perangkat media massa dipandang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan hiburan, pesan-pesan film menumbuhkan imajinasi dan benturan emosional tak terkecuali dengan film 300 karya Zack Snyder. Film ini bercerita tentang utusan Kekaisaran Persia tiba di Sparta, meminta Sparta tunduk pada raja Xerxes (Rodrigo Santoro). Namun Leonidas (Gerard Butler), raja Sparta, menolaknya dan membunuh semua utusan Persia. Akibatnya Sparta harus berperang melawan Persia. Berdasarkan alur cerita film 300 peneliti tertarik untuk mengetahui representasi nasionalisme yang terdapat dalam film 300. Rumusan masalah ini adalah seberapa besar frekuensi kemunculan representasi nasionalisme dalam film 300 karya Zack Snyder. Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris "nation") dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Film adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita selluloid, pita video, piringan video dan atau bahan hasil temuan teknologi lainnya dalam bentuk, jenis, ukuran, melalui kimiawi, proses elektronik atau proses lainnya atau tanpa suara yang dapat mempertunjukkan atau ditayangkan dengan system proyeksi mekanik, elektronik dan atau lainnya. (Askurifai, 2003:6). Kategorisasi dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu nasionalisme kewarganegaraan, nasionalisme etnis, dan nasionalisme agama. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah analisis isi dan tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis yang digunakan adalah 52 scene berupa adegan maupun dialog dalam film 300 karya Zack Snyder yang mengandung representasi nasionalisme sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Satuan ukur dari penelitian ini adalah frekuensi kemunculan representasi nasionalisme yang terdapat dalam scene di film 300 karya Zack Snyder.lewat dialog dan perilaku tokoh atau karakter dalam film yang mengandung representasi nasionalisme. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Alat analisis ini digunakan dengan tujuan untuk mengetahui frekuensi kemunculan masing- masing kategori. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, peneliti menemukan Presentase kemunculan Nasionalisme kategori nasionalisme kewarganegaraan adalah sebesar 19, 23% atau sebanyak 10 scene dalam film 300. Presentase kemunculan Nasionalisme kategori nasionalisme etnis adalah sebesar 3, 85% atau sebanyak 2 scene dalam film 300. Presentase kemunculan Nasionalisme kategori nasionalisme agama adalah sebesar 3, 85% atau sebanyak 2 scene dalam film 300. Secara keseluruhan, terdapat 26, 93% dari seluruh scene. Artinya film 300 ini tidak sarat akan unsur nasionalisme di dalamnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 May 2016 02:45
Last Modified: 09 May 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo