UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS V SDN AMPELDENTO 2 KARANGPLOSO MALANG POKOK BAHASAN KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA

SERSANTI, TRIAS MAULID (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) PADA SISWA KELAS V SDN AMPELDENTO 2 KARANGPLOSO MALANG POKOK BAHASAN KERAJAAN DAN PENINGGALAN HINDU DI INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triasmauli-30236-1-pendahul-n.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triasmauli-30236-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan di kelas V SDN Ampeldento Malang menunjukkan bahwa nilai siswa masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penyebab tidak tuntasnya hasil belajar siswa adalah kurangnya memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru. Dalam mengajar, guru menggunakan metode ceramah, kurang memberikan variasi dalam menggunakan model. Guru hanya menekankan kemampuan siswa untuk menghafal. Oleh karena itu perlu diterapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan strategi belajar PQ4R. Strategi PQ4R digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan dapat membantu proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi belajar PQ4R dalam meningkatkan hasil belajar IPS dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pokok Bahasan Kerajaan dan Peninggalan Hindu di Indonesia Kelas V SDN Ampeldento 2 Karangploso Malang. Penelitian ini menggunakan PTK dan membutuhkan II siklus dengan tahap perencanaan, observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Ampeldento Malang yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil tes pembelajaran, diketahui nilai rata-rata tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I meningkat sebesar 62% (16 dari 26 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 84% (21 dari 25 siswa), artinya terjadi peningkatan sebesar 22%. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Ampeldento Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:43
Last Modified: 09 May 2016 02:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29236

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo