UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KERLIP (KERTAS LIPAT) PADA MATERI KONSEP KELIPATAN BILANGAN SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Angriani, Novaria (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KERLIP (KERTAS LIPAT) PADA MATERI KONSEP KELIPATAN BILANGAN SISWA KELAS IV B SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novariaang-30238-1-pendahul-n.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novariaang-30238-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru bidang studi matematika kelas IV B SD Muhammadiyah 9 Malang adalah rendahnnya nilai matematika pada materi konsep kelipatan bilangan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada 2 April 2012 diperoleh data bahwa pada tahun ajaran 2010/2011 tercatat sebesar 70% siswa belum tuntas, sedangkan 30% siswa sudah tuntas atau telah memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Salah satu penyebab kondisi tersebut terjadi adalah kurang tepatnya media yang digunakan oleh guru serta pembelajaran yang lebih banyak berpusat pada guru (konvensional), sehingga menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan membutuhkan waktu berfikir lama dalam menjawab pertanyaan. Setelah ditemukan masalah penulis berkolaborasi dengan guru bidang studi matematika ingin meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui media kertas lipat. Kertas lipat yang dimaksud adalah bahan manipulatif yang dapat dimainkan dan dilipat dalam menjelaskan konsep kelipatan bilangan. Bahan ini berfungsi menyajikan materi yang relatif abstrak menjadi lebih nyata Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi pada latar penelitian (kelas). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam penelitian tindakan kelas, yang menjadi salah satu karakteristiknya adalah penelitian dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikan proses dan hasil pembelajaran pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep kelipatan bilangan. Nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 52% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 79%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konsep kelipatan bilangan. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi konsep kelipatan bilangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:41
Last Modified: 09 May 2016 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29232

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo