UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI – A SDN TULUNGREJO 03 PADA MATERI KONSEP RANGKAIAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDI COPI ( EXPERIMENT, DISCOVERY, AND COMPETITION )

AFFANDY, ANDHIKA (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI – A SDN TULUNGREJO 03 PADA MATERI KONSEP RANGKAIAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDI COPI ( EXPERIMENT, DISCOVERY, AND COMPETITION ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikaaff-30807-1-pendahul-n.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andhikaaff-30807-2-babi.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Memang ada kenyataan IPA tidak dapat dipisahkan dari metode-metode penlitian. Memahami IPA tidak hanya sekedar memahami fakta-fakta dalam IPA tapi memahami proses IPA, yaitu memahami bagaimana mengumpulkan fakta, dan memahami bagaimana menghubungkan fakta-fakta untuk diinterprestasikan. Untuk itusebagai guru harus selalu mengidentifikasi masalah yang dihadapi siswa dan memecahkan masalah tersebut untuk perbaikan dan peningkatan proses belajar mengajar. Penelitian Tindakan Kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode edi copi sangat cocok untuk menjadikan pelajaran IPA dalam kompetensi menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa lebih aktif dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa SDN Tulungrejo 03 kelas VI – A melalui metode edi copi. Penelitian ini berlangsung sampai 2 siklus dengan cara observasi aktivitas siswa dan hasil tes siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode edi copi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil evaluasi pada siklus I keberhasilan yang dicapai 69% dan pada siklus II keberhasilan yang dicapai 94%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:35
Last Modified: 09 May 2016 02:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo