UMM Institutional Repository

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT PELAJARAN IPA KELAS III SDN BEDALISODO 03 KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG

NIAWATI, NINIS (2013) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT PELAJARAN IPA KELAS III SDN BEDALISODO 03 KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninisniawa-30818-1-pendahul-n.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninisniawa-30818-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Bedalisodo 03 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang khususnya pada materi ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat. Dari hasil observasi diketahui bahwa siswa sulit membedakan antara lingkungan sehat dan tidak sehat. Hal ini disebabkan karena kurang adanya keterlibatan antara guru dengan siswa pada saat pembelajaran sehingga pembelajarannya bersifat gurusentris. Selain itu, guru dalam memberikan materi hanya menggunakan buku pedoman siswa saja, sehingga siswa jarang melakukan pembelajaran secara langsung di lapang. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu strategi yang dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan tersebut. Strategi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah penerapan strategi inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pelajaran IPA kelas III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal Juli - September 2012 dan terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penerapan strategi inkuiri terdapat tahap-tahap yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, melakukan pengamatan, dan merumuskan kesimpulan. Jenis inkuiri yang diterapkan dalam penelitian ini adalah inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi inkuiri terlaksana sesuai dengan sintaks-sintaksnya. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 46,4% (13 siswa dari 28 jumlah siswa telah mencapai KKM) sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 85,7% (25 siswa dari 28 jumlah siswa telah mencapai KKM), artinya dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 39,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Bedalisodo 03 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:28
Last Modified: 09 May 2016 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo