UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SPENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 4 PAKIS GROBOGAN

HAFSARI, MANDHA ULLY (2013) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SPENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA SISWA KELAS V SDN 4 PAKIS GROBOGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mandhaully-30820-1-pendahul-n.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mandhaully-30820-2-babi.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 4 Pakis Grobogan menunjukkan nilai siswa masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar siswa dalam hal kurangnya imajinasi siswa yang akan diungkapkan. Oleh karena itu perlu diterapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media audio visual. Media audio visual dapat merangsang pikiran, perhatian dan kemauan siswa, dan akan terjadi proses belajar pada diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi sistem pernapasan pada manusia siswa kelas V SDN 4 Pakis Grobogan dan bagaimana pelaksanaan media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang membutuhkan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual dengan obyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 4 Pakis Grobogan yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Pakis Grobogan, dengan penggunaan media pembelajaran audio visual. Keterlaksanaan media pembelajaran audio visual menunjukkan bahwa mengalami peningkatan dalam materi sistem pernapasan pada manusia. Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 44,44 % dengan KKM sebesar 63. Sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan mencapai 83,33 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Pakis Grobogan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Pakis setelah penggunaan media pembelajaran audio visual terdapat peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: bagi guru menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:22
Last Modified: 09 May 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo