UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN PERMAINAN KWARTET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER II SDN SUMBEREJO 02 PAGAK

FARDHIYAH, LUTVY (2013) PENGGUNAAN PERMAINAN KWARTET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER II SDN SUMBEREJO 02 PAGAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutvyfardh-30821-1-pendahul-n.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutvyfardh-30821-2-bab1.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membaca kalimat sederhana di SDN Sumberejo 02 Pagak belum sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca kalimat sederhana rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 70%. Penyebab dari kesulitan siswa dalam membaca dikarenakan siswa malas terhadap pelajaran Bahasa Indonesia serta cara mengajar guru yang kurang tepat karena hanya menggunakan metode ceramah dan membaca teks bacaan yang ada dalam buku paket. Disisi lain, kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media permainan Kwartet. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan permainan kwartet dan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca kalimat sederhana melalui Permainan kwartet di SDN Sumberejo 02 Pagak. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Sumberejo 02 Pagak dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I, 56% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 44% siswa belum mencapai ketuntasan. Sedangkan pada siklus II, 92% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 8% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Kalimat Sederhana. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah penerapan media permainan Kwartet dapat meningkatkan kemampuan membaca Kalimat Sederhana pada siswa kelas 1 SDN Sumberejo 02 Pagak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:20
Last Modified: 09 May 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29210

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo