UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TENTANG SIMBOL DAERAH/LAMBANG KORPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM III DAU MALANG

ANJARINI, TITI (2013) PENERAPAN METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK TENTANG SIMBOL DAERAH/LAMBANG KORPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM III DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titianjari-30834-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titianjari-30834-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa masih banyak peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang yang mengalami kesulitan dalam menyimak yaitu menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 75, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 20 siswa 76,9%. Penyebabnya adalah hal 1) Guru hanya menerapkan metode ceramah, tanya jawab, latihan dan tugas, serta kemampuan menyimak siswa yang masih rendah, 2) Guru belum menerapkan penggunaan metode yang menarik dan tepat dalam menstimulus kemampuan menyimak siswa, 3) Siswa kurang dapat mencerna penjelasan yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan proses penerapan metode permainan bisik berantai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang simbol daerah atau lambang korps siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang. (2) Mendeskripsikan hasil penerapan metode permainan bisik berantai dalam meningkatkan kemampuan menyimak tentang simbol daerah atau lambang korps siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang, dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,75 dengan prosentase ketuntasan belajar 34,6 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 81,4 dengan prosesntase ketuntasan belajar 92,3% sehingga telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,8 dengan prosesntase 15,3 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata nilai belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 80,5 dengan presentase 88,4 %. Dengan demikian, penelitian sudah cukup dan dihentikan karena telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan menyimak tentang simbol daerah atau lambang korps siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 02:08
Last Modified: 09 May 2016 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo