UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN OPERASI PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS IV A SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

Pertiwi.S, Purnama Sari Eka Putri Dian (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN OPERASI PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS IV A SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-purnamasar-30845-1-katapen-).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-purnamasar-30845-2-babi_a-1.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Pelajaran matematika dipandang sebagai bagian ilmu-ilmu dasar yang berkembang pesat baik isi-isi maupun aplikasinya serta dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, logis, kreatif dan kemampuan bekerja sama yang efektif. Penelitian ini diawali dari hasil wawancara awal dengan guru bidang studi matematika di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang salah satu diantaranya adalah siswa menganggap pelajaran matematika sulit dan menakutkan karena siswa belum dapat menerapkan konsep operasi perkalian. Sehingga menyebabkan keterampilan operasi perkalian yang dimiliki siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif melalui tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media kartu domino, serta untuk mengetahui peningkatkan keterampilan operasi perkalian melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media kartu domino. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun langkah-langkah pembelajaran adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan serta refleksi. Langkah-langkah pembelajaran tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Data keterampilan operasi perkalian diambil dengan menggunakan tes formatif, lembar observasi, studi dokumenter, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan media kartu domino dapat meningkatkan keterampilan operasi perkalian serta hasil belajar. Pada siklus I dan siklus II, presentase hasil belajar siswa, dari 30 siswa ada 19 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan presentase 63,33% di siklus I sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 26 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan presentase 86,67% di siklus II sehingga dikatakan siswa tuntas secara klasikal dengan kriteria keberhasilan yaitu diatas 75%. (2) hasil penilaian unjuk kerja siswa pada siklus I siswa membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan tes formatif. Hasil penilaian unjuk kerja siswa pada siklus II waktu penyelesaian tes formatif tercepat 10 menit dan terlambat 25 menit. Peningkatkan keterampilan operasi perkalian siswa sudah maksimal. Dari segi proses kedua siklus tersebut, berdasarkan lembar observasi, aktivitas guru dalam kategori baik dan aktivitas siswa termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian penggunaan media kartu domino melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keterampilan operasi perkalian siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 01:59
Last Modified: 09 May 2016 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29187

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo