UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI ISI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK GUIDED READING SISWA KELAS IV DI SDN MERJOSARI 1 KEC. LOWOKWARU KOTA MALANG

LESTARI, ARIMA NANDA (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI ISI BACAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK GUIDED READING SISWA KELAS IV DI SDN MERJOSARI 1 KEC. LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arimananda-30847-1-cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arimananda-30847-2-babi.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV Di SDN Merjosari I Kec. Lowokwaru Kota Malang adalah rendahnya nilai pada kemampuan memahami isi bacaan ketuntasan hanya mencapai 14% dalam pembelajaran memahami isi bacaan. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan teknik pembelajaran Guided Reading yaitu teknik pembelajaran dengan memandu atau membimbing siswa dalam membaca. Disini siswa akan lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran karena guru memberikan bimbingan kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar dalam kemampuan memahami isi bacaan melalui teknik Guided Reading. Data aktivitas dan hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan test tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan teknik Guided Reading dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 60,60% (cukup baik) di siklus 1, meningkat menjadi 93,54 % (sangat baik) di siklus 2. (2) penggunaan teknik Guided Reading dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 33 siswa ada 22 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 66,66% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 28 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 93,54% di siklus 2. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa teknik Guided Reading dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada kemampuan memahami isi bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 01:55
Last Modified: 09 May 2016 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo