UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH HINDU-BUDHA DAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DENGAN MEDIA NUSANTARA DI SDN GONDOWANGI 03 WAGIR

Fardana, Yudistira (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH HINDU-BUDHA DAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DENGAN MEDIA NUSANTARA DI SDN GONDOWANGI 03 WAGIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudistiraf-30848-1-pendahul-n.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudistiraf-30848-2-babi.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas V Di SDN Gondowangi 03 Wagir adalah rendahnya hasil belajar IPS dengan persentase ketuntasan belajar tahun ajaran 2012/2013 sebesar 63% peserta didik yang tuntas dan jumlah peserta didik yang belum tuntas sebesar 37%, sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 75% dari jumlah peserta didik yang memiliki ketuntasan belajar secara klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) adalah 60. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah konsep dalam proses pembelajaran masih menghafal dan kurang diperhatikannya penggunaan media pembelajaran yang mendukung untuk penyampaian materi sehingga peserta didik merasa jenuh dan bosan ketika belajar. Masalah yang akan diteliti adalah Bagaimana proses penggunaan media nusantara dalam pembelajaan IPS materi tokoh-tokoh sejarah Hindu-Budha dan Islam peserta didik kelas V SDN Gondowangi 03 Wagir dan Bagaimana hasil pengggunaan media nusantara dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yang dilakukan oleh pendidik yang sekaligus sebagai peneliti dikelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelas melalui suatu tindakan tertentu dalam suatu siklus. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemisdan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media nusantara dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi tokoh-tokoh sejarah Hindu-Budha dan Islam diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 64,4% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar peserta didik mencapai 82,1%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media nusantara dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi tokoh-tokoh sejarah Hindu-Budha dan Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 01:52
Last Modified: 09 May 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29180

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo