UMM Institutional Repository

METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SISWA KELAS V MI BAITURROHMAH DESA NGAGLIK KOTA BATU

Irawati, Dina (2013) METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SISWA KELAS V MI BAITURROHMAH DESA NGAGLIK KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinairawat-30849-1-pendahul-1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinairawat-30849-2-babi.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi IPA kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam ulangan harian yang rendah. Penyebabnya: a). guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, tetapi belum maksimal dalam pencapaiannya. b) siswa kurang memahami materi yang terdapat pada mata pelajaran. Sebab itu bagaimana penerapan pendekatan problem posing dengan metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi pencernaan makanan manusia pada siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu. Pemberian kombinasi make a match pada problem posing untuk membuat pembelajaran semakin menyenangkan, karena siswa akan mencari pasangan kelompok dengan mencocokkan kartu berisi topik. Tujuan penelitian adalah: a) mendeskripsikan penerapan pendekatan problem posing dengan metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu pada materi pencernaan makanan manusia. b) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi pencernaan makanan manusia setelah menggunakan pendekatan problem posing dengan metode make a match pada siswa kelas V di MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dalam siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Baiturrohmah Desa Ngaglik Kota Batu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian siklus I dilaksanakan tanggal 26 dan 28 September 2012 dan siklus II pada tanggal 3 dan 5 Oktober 2012.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan problem posing dengan metode make a match terjadi peningkatan antara aktivitas guru dan siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I dari 77,24% mengalami peningkatan menjadi 84,74% pada siklus II. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I 78,95% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,74%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa pendekatan problem posing dengan metode make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi pencernaan makanan manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 01:51
Last Modified: 09 May 2016 01:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo