UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR

ERNATA, YUSVIDHA (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MIND MAPPING MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusvidhaer-30885-1-pendahul-n.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusvidhaer-30885-2-babi.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, siswa mengalami banyak permasalahan terhadap pembelajaran IPS. Akar permasalahan ini berawal dari : pelaksanaan pembelajaran bersifat konvensional, kurangnya pemanfaatan sumber dan media pembelajaran serta suasana belajar kurang menyenangkan. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yaitu model pembelajaran mind mapping. Dengan pembelajaran tersebut siswa lebih mudah dalam memahami materi serta dapat menyalurkan ide kretifnya melalui bahasa gambar maupun simbol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model Mind Mapping serta mengetahui bagaimana hasil penerapan model Mind Mapping yang dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Ngaringan 05 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2012. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan berupa hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan model Mind Mapping diperoleh peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 68,18 dengan prosentase ketuntasan klasikal 59%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 77,95 dengan ketuntasan klasikal 86%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Ngaringan 05 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Dari hasil penelitian ini, disarankan bagi guru agar menerapkan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkat hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 May 2016 01:39
Last Modified: 09 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29166

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo