UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS V SDN BENDOSARI 03 PUJON KABUPATEN MALANG

ALFIAN, RIZQI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA BANGUN DATAR SEDERHANA KELAS V SDN BENDOSARI 03 PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizqialfia-30902-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizqialfia-30902-1-pendahul-n.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimulai dari observasi awal. Pada observasi awal terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas V SDN Bendosari 03 Pujon kabupaten Malang, diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, siswa kadang sulit memahami maksud dari soal cerita tersebut. Selain itu, guru belum menemukan suatu model pembelajaran yang bisa mempermudah siswa dalam mengerjakan soal. Penelitian dengan judul Penerapan Pembelajaran Model Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Soal Cerita Bangun Datar Sederhana Kelas V SDN Bendosari 03 Pujon Kabupaten Malang. Ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model Polya dalam pembelajaran matematika pada materi soal cerita bangun datar sederhana pada siswa kelas V semester I SDN Bendosari 03 Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. 2) menjelaskan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Polya pada materi soal cerita bangun datar sederhana pada siswa kelas V semester I SDN Bendosari 03 Kecamatn Pujon Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas V SDN Bendosari Pujon kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi siswa, guru, dan lembar evaluasi individu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran materi soal cerita bangun datar sederhana dengan penerapan pembelajaran model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 terdapat 42,9%, siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus 2 menjadi 89,5%. siswa yang tuntas belajar dari jumlah siswa 28 kelas V SDN Bendosari 03 Pujon kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 May 2016 01:29
Last Modified: 07 May 2016 01:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo