UMM Institutional Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK PEMERINTAH DAN BANK SWASTA YANG GO PUBLIC PERIODE 2008-2010

Rizayanti, Dhiah (2012) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK PEMERINTAH DAN BANK SWASTA YANG GO PUBLIC PERIODE 2008-2010. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhiahrizay-30564-1-pendahul-n.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dhiahrizay-30564-2-babi.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penilaian terhadap kinerja suatu bank tertentu dapat dilakukan dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangannya. Laporan keuangan bank berupa neraca memberikan informasi kepada pihak di luar bank. Informasi yang diberikan mengenai gambaran posisi keuangannya, yang lebih jauh dapat digunakan pihak eksternal untuk menilai besarnya resiko yang ada pada suatu bank. Dilihat dari segi kepemilikannya, pengelompokkan bank dapat dibedakan atas 2 kelompok yaitu bank milik pemerintah dan bank milik swasta. Kedua kelompok bank ini dalam kenyataannya bersaing ketat untuk menunjukkan good performance di mata publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta periode 2008 – 2010 dengan menggunakan proksi rasio keuangan dan menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank pemerintah dan bank swasta periode 2008 – 2010 dengan menggunakan proksi rasio keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah dua bank pemerintah dan dua bank swasta. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu pengumpulan data sekunder berupa laporan keuangan perbankan,untuk menghitung variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis ini untuk memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata. Kemudian uji one sample kolmogorov smirnov, uji ini dilakukan untuk menentukan apakah data dari masing-masing variabel terdistribusi secara normal atau tidak normal. Apabila diperoleh hasil distribusi normal maka pengujian inferensial berikutnya menggunakan uji parametrik t-test. Dan selanjutnya menggunakn uji mann-whitney, digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel yang diteliti, tetapi tidak terdapat hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu rasio CAR, KAP, ROA, ROE, NIM, BOPO, LDR. Penggunaan proksi rasio keuangan dalam melakukananalisis perbandingan kinerja bank publik memberikan bukti bahwa kinerja bankpemerintah dilihat dari sisi proksi rasio keuangan tidak selalu lebih ungguldibandingkan bank swasta atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 May 2016 04:02
Last Modified: 04 May 2016 04:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo