UMM Institutional Repository

ANALISIS PROFITABILITAS BANK UMUM GO PUBLIC PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Liannoor, Akhmad Reza (2012) ANALISIS PROFITABILITAS BANK UMUM GO PUBLIC PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadreza-30584-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-akhmadreza-30584-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Fenomena krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1997 – 1998 yang mana berdampak negatif terhadap dunia perbankan di Indonesia, salah satu dampak negatif yang terlihat yaitu hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap perbankan di Indonesia. Namun pada tahun 2007 perbankan di Indonesia mulai bangkit kembali dengan perlahan, dapat dilihat dari banyaknya bank yang telah mendaftarkan di Bursa Efek Indonesia. Dari perkembangan dunia perbankan tersebut mendorong bank-bank dalam meningkatkan kinerjanya dalam persaingan antar bank untuk mendapatkan nasabah. Salah satu alat untuk menilai kinerja perbankan adalah dengan rasio Return On Asset (ROA). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh CAR, NPL, LDR, BOPO terhadap ROA pada bank umum Go Public di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2011. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 20 bank dari 31 Bank, dengan menggunakan metode Purposive Sampling sehingga didapatkan sampel 20 bank umum Go Public. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel, data panel adalah data yang diperoleh dengan menggabungkan antara data berkala (Time Seris)dan data silang (Cross Section). Adapun Uji Hipotesis yang dilakukan yaitu Uji T untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara individu (parsial), Uji F untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara serentak (simultan), dan determinasi R2 untuk mengetahui apakah hubungan nilai statistik yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan pengaruh antara dua variabel bebas dan terikat, dengan tingkat signifikasi sebesar 5% (0,05), dalam pengujian hipotesis tersebut peneliti menggunakan Sofware Eviews5.1. Berdasarkan hasil uji hipotesis dilakukan didapatkan bahwa uji F menunjukkan variabel bebas Rasio CAR, NPL, LDR, BOPO, berpengaruh simultan atau serentak terhadap variabel ROA, dapat dilihat dari nilai uji F-hitung 191,77 > F-tabel 2,467. Untuk uji T disimpulkan bahwa variabel NPL dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA sehingga dapat dikatankan hipotesis yang menyatakan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas (ROA) dapat diterima, sementara itu variabel CAR tidak berpengaruh negatif dan variabel LDR tidak berpengaruh positif, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa CAR berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA) tidak dapat diterima sama halnya dengan variabel LDR dimana hipotesis menyatakan LDR berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA) tidak dapat diterima. Sedangkan Uji Determinasi R2 menunjukkan pengaruh variabel Independent terhadap variabel Dependent adalah cukup besar, dilihat dari nilai koefisien R2 yaitu sebesar 68,9522% sedangkan sisanya sekitar 31,0478% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 May 2016 03:58
Last Modified: 04 May 2016 03:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29126

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo