UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL POLYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBENDO LAMONGAN

WATININGSIH, CITRA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL POLYA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBENDO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citrawatin-29165-1-pendahul-n.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citrawatin-29165-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN Sumberbendo Lamongan pada materi soal cerita bilangan pecahan. Kesulitan tersebut berkaitan dengan menyelesaikan masalah yang berkaitan soal cerita yang disebabkan siswa kurang bisa dalam memahami isi soal tersebut. Di samping itu, selama ini siswa menyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita tanpa melihat langkah-langkah yang urut. Siswa langsung mengoperasikan bilangan yang terdapat pada soal. Setelah dilakukan evaluasi, rata-rata kelas 60,04 dengan siswa yang tuntas 40% dan yang tidak tuntas 60%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran model Polya untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita siswa kelas IV SDN Sumberbendo. Permasalahan berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan yang disajikan dalam soal cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN Sumberbendo Lamongan sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan model Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana yang dibuat dan memeriksa kembali jawaban adalah sebagai berikut; siklus I siswa yang dapat memahami masalah dengan benar 21%, menjadi 55,5% pada siklus II. Dalam melakukan perencanaan dengan benar siklus I sebanyak 56%, meningkat 68% pada siklus II. Melaksanakan penyelesaian dengan benar sebanyak 10% pada siklus I, menjadi 47% pada siklus II. Memeriksa kembali dengan benar siklus I sebanyak 12%, menjadi 42,5% pada siklus II. Secara keseluruhan nilai rata-rata kelas proses pemecahan masalah siklus I mencapai 62,68, menjadi 82,83 pada siklus II. Pada nilai rata-rata kelas hasil belajar siklus I sebesar 66,2, dan kemudian rata-rata hasil belajar siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,41. Selain itu, ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I sebanyak 56% siswa telah mencapai skor di atas 65, menjadi 87,5% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang soal cerita bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:50
Last Modified: 04 May 2016 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29122

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo