UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA MELALUI METODE PERMAINAN "KARTU DOMINO"

Rahayu, Wulan Haryana (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA MELALUI METODE PERMAINAN "KARTU DOMINO". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulanharya-29997-1-pendahul-n.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulanharya-29997-2-babi.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah 9 Malang adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita masih kurang sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi metode permainan Kartu Domino dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. (2) untuk mengetahui apakah metode permainan Kartu Domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2012 dan 8 Agustus 2012 dengan menggunakan dua siklus dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan Kartu Domino pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan dua siklus yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran: (1) mencocokkan kata dengan simbol, (2) menyelesaikan permainan, (3) menyusun kartu untuk menentukan soal, (4) meminta soal sesuai dengan kartu yang tersusun, (5) menyelesaikan soal yang didapat, (6) mengerjakan kembali soal yang hasilnya belum tepat. Pada penelitian ini juga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aktivitas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II secara klasikal yaitu pada siklus I 80% ada peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. Pada hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 43,3% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 dari 30 siswa sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu menjadi 70% ketuntasan klasikal dengan siswa yang tuntas sebanyak 21 dari jumlah keseluruhan 30 siswa. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pembelajaran denggan menggunakan metode permainan Kartu Domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:47
Last Modified: 04 May 2016 03:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo