UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN TAMBONG 1 KECAMATAN KABAT BANYUWANGI

SUSANTI, PUPUT MEINA (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA TIRUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN TAMBONG 1 KECAMATAN KABAT BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puputmeina-29999-1-pendahul-n.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puputmeina-29999-2-babi.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Tambong 1 Kecamatan Kabat Banyuwangi pada tanggal 6 Desember 2011 menunjukkan bahwa masih terdapat sebagian besar siswa yang nilainya di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dari hasil pengamatan juga menunjukkan bahwa saat kegiatan pembelajaran di kelas siswa kurang minat dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu penyebab ketidak tuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media yang menarik perhatian siswa saat pembelajaran. Oleh karena itu perlu diterapkan model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Interaktif melalui media Tiruan. Penerapan model dan media tersebut dapat melatih siswa untuk aktif bertanya serta menyelidiki suatu permasalahan dengan menggunakan media Tiruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan melalui penggunaan model pembelajaran Interaktif melalui media Tiruan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I dan II ini terdapat lima tahapan yaitu observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Penerapan model pembelajaran Interaktif melalui media Tiruan ini melalui tujuh tahap yaitu persiapan, pengetahuan awal, kegiatan eksplorasi, pertanyaan siswa, penyelidikan, pengetahuan akhir dan refleksi. Pada tahap penyelidikan guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan menggunakan media tiruan. Sehingga siswa yang lebih aktif dan dapat memahami konsep materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I adalah 71% dan pada siklus II meningkat mencapai 94%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan klasikal siswa adalah 25% dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan yaitu 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:45
Last Modified: 04 May 2016 03:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo