UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KARTU REP (REMI PECAHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III-B SDN RAMPAL CELAKET 1 MALANG

KURNIANSYAH, M. ‘AINUN (2012) PENGGUNAAN MEDIA KARTU REP (REMI PECAHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN PECAHAN SEDERHANA SISWA KELAS III-B SDN RAMPAL CELAKET 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mainunkurn-30055-1-pendahul-n.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mainunkurn-30055-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pembelajaran matematika siswa kelas III-B SDN Rampal Celaket 1 Malang. Hasil observasi di kelas III-B SDN Rampal Celaket 1 Malang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi membandingkan pecahan sederhana. Hal tersebut ditunjukkan dari rendahnya prosentase ketuntasan klasikal 22% . Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan media pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan media kartu REP (Remi Pecahan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III-B SDN Rampal Celaket 1 Malang pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi membandingkan pecahan sederhana menggunakan media kartu REP (Remi Pecahan) agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III-B SDN Rampal Celaket 1 Malang dengan jumlah siswa yaitu 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Keterlaksanaan pembelajaran Matematika materi pokok membandingkan pecahan sederhana sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media kartu REP (Remi Pecahan) berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 60% dengan ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 80%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 92%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu REP (Remi Pecahan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok membandingkan pecahan sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu REP (Remi Pecahan) dapat membantu meningkatan hasil belajar membandingkan pecahan sederhana. Untuk itu disarankan bagi guru, peneliti, dan calon guru agar memanfaatkan media kartu REP (Remi Pecahan) sebagai inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:41
Last Modified: 04 May 2016 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo