UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOMPOKAN BANGUN DATAR SISWA KELAS II MI MAMBAUL ULUM KARANGPLOSO MALANG

Gianti, Ika Fepi (2012) PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGELOMPOKAN BANGUN DATAR SISWA KELAS II MI MAMBAUL ULUM KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikafepigia-30057-1-pendahul-n.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikafepigia-30057-2-babi.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang adalah kesulitan memahami materi pengelompokan bangun datar. Ketika guru menerangkan materi dengan menggunakan metode ceramah tidak semua siswa memperhatikan dengan baik, sebagian siswa cenderung berbicara dengan teman sebangku, hanya siswa yang duduk di bagian depan yang memperhatikan penjelasan guru, sehingga pemahaman materi kurang baik. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana proses penerapan Metode Inquiry Discovery untuk meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun datar siswa kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang? dan Bagaimana hasil penerapan Metode Inquiry Discovery untuk meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun datar siswa kelas II MI Mambaul Ulum Karangploso Malang? Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menerapkan metode Inquiri Discovery yaitu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menemukan sendiri. Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Mambaul Ulum pada Pokok Bahasan Pengelompokan Bangun Datar dengan menggunakan penerapan metode Inquiri Discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Inquiry Discovery dapat meningkatkan kemampuan pengelompokan Bangun Datar. Nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan mencapai 55,50% sedangkan pada siklus II mencapai 87,50%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa metode Inquiri Discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II MI Mambaul Ulum mata pelajaran Matematika pokok bahasan Pengelompokan Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:37
Last Modified: 04 May 2016 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29112

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo