UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TEMA "CINTA TANAH AIR" PADA SISWA KELAS III SD MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG GAMBAR DI SDN MOJOLANGU 4 MALANG

Novianti, Zulfa (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TEMA "CINTA TANAH AIR" PADA SISWA KELAS III SD MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WAYANG GAMBAR DI SDN MOJOLANGU 4 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulfanovia-30058-1-pendahul-n.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zulfanovia-30058-2-babi.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III Di SDN Mojolangu IV Malang adalah kurangnya ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn SD yaitu pada tema "cinta tanah air". Berdasarkan pengalaman guru mengajar di kelas III nilai pada pelajaran PKn dengan KKM 69 hanya 34,5 % yang tuntas belajar. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada tema cinta tanah air ini dengan menggunakan media wayang gambar, dengan media ini siswa dapat menyaksikan sajian materi dalam bentuk pertunjukkan wayang yang dimainkan oleh guru dan juga bisa dimainkan oleh siswa secara berkelompok. Penggunaan media ini bertujuan untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Masalah yang diteliti yaitu bagaimana penggunaan media wayang gambar pada pelajaran PKn kelas III dan bagaimana peningkatan hasil belajar pada pelajaran PKn kelas III. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan prosedur sesuai bagan yang digambarkan oleh Suharsimi Arikunto. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 5 aspek, yaitu (1) Perhatian pada materi, (2) Keaktifan, (3) Kerjasama, (4) Disiplin dan (5) Tanggung jawab. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 61,8% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 90,6%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media wayang gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:35
Last Modified: 19 Mar 2018 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29110

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo