UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 BANJAREJO KEDUNGPRING LAMONGAN

RAHAYU, HENIK (2012) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 BANJAREJO KEDUNGPRING LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henikrahay-30083-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-henikrahay-30083-2-babi.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai mata pelajaran yang sifatnya terpadu, diharapkan guru dapat merancang pembelajaran yang membuat siswa belajar secara aktif. Hasil observasi di kelas V SD Muhammadiyah 2 Banjarejo Kedungpring Lamongan menunjukkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Rendahnya motivasi ditunjukkan dari hasil angket yaitu tingkat motivasi belajar siswa pada kategori cukup baik berdasarkan rata-rata total sebesar 2,52. Aspek yang mendapat skor rata-rata terendah yaitu perhatian (attention) siswa pada pelajaran IPS sebesar 1,89 yang berarti kurang baik. Rendahnya hasil belajar siswa ditunjukkan dari rendahnya prosentase ketuntasan klasikal pada UTS untuk pelajaran IPS yaitu 33,3% dan ulangan harian pelajaran IPS yaitu 25%. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan media pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan media puzzle komik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media puzzle komik pada pokok bahasan perjuangan kemerdekaan Indonesia dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Muhammadiyah 2 Banjarejo Kedungpring Lamongan dengan jumlah siswa yaitu 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Keterlaksanaan pembelajaran IPS sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media puzzle komik yang berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I dan II termasuk baik berdasarkan rata-rata total yaitu 3,79 dan 4,18. Ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 80%. Prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 64%. Penelitian pada siklus II dinyatakan berhasil dengan prosentase ketuntasan klasikal mencapai 92%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle komik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPS dengan media puzzle komik terlaksana dengan baik, motivasi dan hasil belajar siswa meningkat setelah penggunaan media puzzle komik pada pokok bahasan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Untuk itu disarankan bagi guru, sekolah, dan siswa agar memanfaatkan media puzzle komik sebagai inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:32
Last Modified: 04 May 2016 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo