UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN KOLOMAYAN 1 KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR

FATMAWATI, INDIRA (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL KELAS IV SDN KOLOMAYAN 1 KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indirafatm-30084-1-pendahul-n.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indirafatm-30084-2-babi.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas IV SDN Kolomayan 1 adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi permasalahan sosial terlihat hasil belajar siswa mencapai 37% yang tuntas belajar. Hal tersebut terjadi diantaranya karena: (1) metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi; (2) pola interaksi belajar tidak berpusat pada peserta didik; (3) pembelajaran yang diciptakan oleh guru kurang mengaktifkan siswa. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT. Model pembelajaran kooperatif NHT adalah model pembelajaran yang menekankan pada struktur pola interaksi siswa dalam belajar bekerjasama dalam memecahkan masalah melalui diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kolomayan 1 Wonodadi-Blitar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret-mei 2012 semester genap tahun ajaran 2011-2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Terbukti dalam setiap siklus pembelajaran hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus hasil belajar siswa mencapai 37% meningkat 13% pada siklus I menjadi 50%. dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 87,5% meningkat 37,5% dari siklus I. Peningkatan aktivitas siswa mencapai 68,7% pada siklus I dan meningkat ke 90,6% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:29
Last Modified: 04 May 2016 03:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29105

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo