UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN BALONGGARUT KABUPATEN SIDOARJO

WIDIYANTI, HELMA (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN BALONGGARUT KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helmawidiy-30086-1-pendahul-n.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-helmawidiy-30086-2-babi.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Peran pemerintah saat ini adalah mengupayakan pendidikan yang lebih bermakna dan maju sesuai perkembangan zaman, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya proses belajar mengajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS di SDN Balonggarut kurang mendapatkan perhatian. Peran siswa hanya menghafal tanpa ada usaha menemukan sendiri suatu konsep sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Maka dibutuhkan pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata sehingga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari hari melalui pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan CTL. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Siklus I dengan materi Sumber Daya Alam sedangkan siklus II dengan materi Kegiatan Ekonomi. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan (5 x 35 menit). Pelaksanaaan siklus I terdapat kekurangan yaitu guru kurang maksimal dalam pengelolaan kelas, pemberian penguatan dan mendorong siswa aktif dalam bertanya. Untuk itu dilakukan perbaikan yaitu guru harus lebih kreatif dalam pembelajaran dan memperhatikan kelas agar lebih kondusif. Sehingga pada pelaksanaan tindakan siklus II proses belajar mengajar sudah lebih baik dan mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai siklus I sebesar 69,6 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,2. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I sebanyak 56,25% siswa telah mencapai skor 70 yang meningkat menjadi 87,5% pada siklus II dan melebihi kriteria keberhasilan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:24
Last Modified: 04 May 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo