UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MATERI BERBICARA DENGAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS III SD NEGERI GILI TIMUR 2 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN

AIDHA, KURNIA NUR (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MATERI BERBICARA DENGAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS III SD NEGERI GILI TIMUR 2 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurnianura-30087-1-pendahul-n.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurnianura-30087-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Aidha, Kurnia Nur. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Indonesia Materi Berbicara dengan Metode Role Playing Siswa Kelas III SD Negeri Gili Timur 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Skripsi. Malang: Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2012. Pembimbing: (I) Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si. (II) Dr. Masduki, M.Pd. Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang menunjukkan adanya kesulitan yang dialami siswa SD Negeri Gili Timur 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan pada materi berbicara. Kesulitan yang dimaksudkan adalah anggapan siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia merupakan yang mudah, sehingga lafal pengucapan dalam materi berbicara tidak tepat. Selain itu siswa banyak menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari, sehingga kurang dalam penggunaan kosa kata dalam berbicara bahasa Indonesia. Berdasarkan pengamatan juga diketahui bahwa kurang tepatnya pendekatan belajar yang digunakan guru di dalam menyampaikan materi, karena guru hanya menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak ada ketertarikan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penerapan metode role playing dan upaya peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Role Playing pada Keterampilan Berbahasa Indonesia materi berbicara. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah identifikasi masalah, perancangan tindakan, pengumpulan data, serta analisis data yang dilaksanakan di dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia materi berbicara yang berdampak pada hasil belajar siswa. Siklus kedua dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan I, akan tetapi lebih ditekankan pada keterampilan berbicara siswa. Hasil belajar materi berbicara dilihat dari bermain peran dengan indikator penilaiannya yaitu isi, bahasa (tata bahasa dan kosa kata), dan lafal. Berdasarkan hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada rata-rata nilai pada tes akhir siklus I 65,33 dan kemudian rata-rata nilai pada tes akhir siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,18. selain itu diketahui pula, bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan, sebanyak 60,6% siswa telah mencapai skor 67 pada pada siklus I dan meningkat menjadi 81,8% pada siklus II, hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:21
Last Modified: 04 May 2016 03:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo