UMM Institutional Repository

APRESIASI MAHASISWA TENTANG PROGRAM REALITY SHOW PENCARIAN BAKAT INDONESIA’S GOT TALENT DI INDOSIAR ( Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2006)

Pratama, Herdhyka Satya (2011) APRESIASI MAHASISWA TENTANG PROGRAM REALITY SHOW PENCARIAN BAKAT INDONESIA’S GOT TALENT DI INDOSIAR ( Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2006). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-herdhykasa-21159-PENDAHUL-N.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-herdhykasa-21159-BAB+I.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

"Indonesia’s Got Talent" merupakan suatu acara Reality show pencarian bakat saduran dari acara Britain’s Got Talent, salah satu program produksi Fremantle Media yang telah sukses di 34 negara di seluruh dunia. Reality show sendiri merupakan genre acara televisi yang menggambarkan adegan yang seakan-akan benar-benar berlangsung tanpa skenario, dengan pemain yang umumnya khalayak umum biasa dan bukan pemeran. Reality show pencarian bakat adalah salah satu varian dari reality show, dimana acara ini mempunyai tujuan untuk mencari bakat-bakat terbaik yang ada di Indonesia tanpa dibatasi umur dan jenis bakat yang ditampilkan tersebut. Pemenang dari acara ini akan mewakili nama Indonesia di acara serupa pada level internasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana apresiasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2006 khususnya yang mengambil konsentrasi Audio Visual tentang acara "Indonesia’s Got Talent" di Indosiar. Dasar kemampuan apresiasi adalah aspek kognitif (kesiapan dan keluasan pengetahuan), aspek emotif (kepekaan perasaan) yang pada dasarnya dibentuk oleh endapan pengalaman serta pengetahuan yang dimiliki dan aspek evaluatif (kepekaan yang mampu memberikan penilaian dan penghargaan). Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga tahap apresiasi program televisi untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana apresiasi subyek penelitian terhadap acara ini. Tahap pertama yaitu pemahaman, tahapan dimana apresiasi berkaitan dengan keterlibatan emosional dan pemikiran, kemudian tahapan kedua adalah penikmatan , tahap ini terletak pada tingkat ketika penonton memahami dan menghargai penguasaan pembuat program acara televisi terhadap cara-cara penyajian acara hingga dicapai tingkat penghayatan yang intens. Penonton tertarik kepada bagaimana Indosiar dan Frementle Media membuat penyajian program acara secara keseluruhan beserta elemen-elemen pendukung acara Indonesia’s Got Talent. Dan tahap ketiga yaitu penghargaan, atau penilaian, tahap ini berlangsung ketika penonton memasalahkan dan menemukan hubungan pengalaman yang ia dapat dari program televisi dengan pengalaman kehidupan nyata yang dihadapi. Pada tahap inilah penonton akan memberikan penghargaan atau penilaian apa yang selayaknya mereka berikan terhadap program acara televisi yang mereka lihat. Tipe penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian disini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2006 khususnya yang mengambil konsentrasi studi Audio Visual. Teknik penentuan subyek dengan cara Purposive Sampling. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data berproses secara induksi-interpretasi-konseptualisasi dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Peneliti menjadikan tahap-tahap apresiasi program televisi tersebut sebagai guide interview, kemudian peneliti memberikan pertanyaan kepada subyek penelitian dengan acuan dari guide interview tersebut untuk mengetahui dan mendeskripsikan apresiasi mahasiswa tentang program reality show "Indonesia’s Got Talent" di Indosiar. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam memahami acara Indonesia’s Got Talent, subyek menyaksikan keseluruhan acara untuk memahami seluruh elemen dalam acara Indonesia’s Got Talent diantaranya acara "Indonesia’s Got Talent itu sendiri, format acara meliputi jam tayang, durasi, dan setting, Host, juri , peserta acara , bintang tamu yang ditampilkan ,Voice of Audience, serta eksistensi acara dikaitkan dengan kesenian yang ada di Indonesia. Dari hasil wawancara antara peneliti dengan subyek penelitian, peneliti menemukan berbagai macam bentuk apresiasi, diantaranya pujian, kritikan dan saran terhadap eksistensi acara ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 May 2016 03:19
Last Modified: 04 May 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo