UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MEDIA KEBARU (KERANGKA BANGUN RUANG) PADA SISWA KELAS V SDN RAMPAL CELAKET 1 MALANG

PRATIWI, LINA WAHYU (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MEDIA KEBARU (KERANGKA BANGUN RUANG) PADA SISWA KELAS V SDN RAMPAL CELAKET 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-linawahyup-30088-1-pendahul-n.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-linawahyup-30088-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Pratiwi, Lina Wahyu. Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang Melalui Penerapan Media Kebaru Pada Siswa Kelas V SDN Rampal Celaket 1 Malang. Skrpsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2012. Pembimbing: (I) Drs. Marhan Taufik, M.Si. (II) Dr. Ichsan Anshory AM., M.Pd. Masalah yang dihadapi oleh guru kelas V SDN Rampal Celaket 1 adalah Kurangnya Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu sifat-sifat bangun ruang. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, misalnya pada saat pembelajaran guru menyiapakan media dan siswa terlibat langsung dalam menggunakan media tersebut. Penggunaan media ini bertujuan untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media kebaru (kerangka bangun ruang) pada pelajaran matematika materi bangun ruang siswa kelas V SDN Rampal Celaket 1 Malang?. Apakah dengan menggunakan media kebaru (kerangka bangun ruang) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Rampal Celaket 1 Malang pelajaran Matematika materi bangun ruang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu penelitian yang dirancang untuk memperdayakan semua partisipan dalam proses (siswa, guru dan peserta lainnya) dengan maksud untuk meningkatkan praktik yang diselengarakan di dalam pengalaman pendidikan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media Kebaru dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pembelajaran matematika ditandai dengan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang sesuai dengan sifat/unsurnya mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yang diamati dengan pelaksanaan tes tulis. Peningkatan ditunjukkan dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Matematika yaitu 75. Berdasarkan hasil tes tulis rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 69,63% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 84,72%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media Kebaru dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:18
Last Modified: 04 May 2016 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo