UMM Institutional Repository

PENERAPAN KWL (KNOW - WANT TO KNOW - LEARNED) MENGGUNAKAN MAJALAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN MULYO AGUNG 03 DAU MALANG

SISWA, ANITA WIDYA (2012) PENERAPAN KWL (KNOW - WANT TO KNOW - LEARNED) MENGGUNAKAN MAJALAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN MULYO AGUNG 03 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitawidya-30089-1-pendahul-n.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anitawidya-30089-2-babi.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Siswa, Widya Anita. Penerapan KWL (Know Want to know Learned) Menggunakan Majalah Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Mulyo Agung 03 Dau Malang. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2012. Pembimbing: (I). Dr. Masduki, M.Pd. (II) Dr. Siti Fatimah Soenaryo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan strategi KWL (Know Want to know Learned) menggunakan media majalah anak. Terdapat tiga langkah dasar dalam pembelajaran KWL (Know Want to know Learned) yakni menuntun siswa dalam memberikan suatu jalan tentang apa yang telah diketahui, menentukan apa yang ingin diketahui dan mengingat kembali apa yang dipelajari dari membaca. Menggunakan majalah anak sebagai media yakni menggunakan salah satu teks bacaan yang terdapat dalam majalah anak sebagai bahan bacaan dalam pembelajaran membaca tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan melakukan proses pengkajian siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas III SDN Mulyo Agung 03 Dau Malang sebanyak 33 siswa. Insrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes tulis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan KWL (Know Want to know Learned) menggunakan majalah anak dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Mulyo Agung 03 Dau Malang. Hal tersebut terbukti dari hasil tes siswa, pada siklus I 69 % tuntas, 31 % tidak tuntas dan pada siklus II 82 % tuntas, 18 % tidak tuntas dengan KKM 70. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 13 %. Disamping itu, siswa mengalami peningkatan lebih antusias dan aktif di dalam proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas siswa adalah cukup dan nilai tugas kelompok 87 % tuntas, 13 % tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II aktivitas siswa adalah baik dan nilai tugas kelompok 100 % tuntas. Maka dengan penerapan KWL (Know Want to know Learned) menggunakan majalah anak dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Mulyo Agung 03 Dau Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:14
Last Modified: 21 Mar 2018 02:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29093

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo