UMM Institutional Repository

NILAI BUDAYA DALAM FILM RELIGI Analisis Semiotik dalam Film " Ketika Cinta Bertasbih I Karya Chaerul Umam Produksi Sinemart Versi Layar Lebar"

Hidayati, Nurul (2011) NILAI BUDAYA DALAM FILM RELIGI Analisis Semiotik dalam Film " Ketika Cinta Bertasbih I Karya Chaerul Umam Produksi Sinemart Versi Layar Lebar". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulhiday-21161-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulhiday-21161-BAB+I.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Dari sebuah tayangan film bisa menjembatani diri kita sendiri sebagai audiens untuk berekspresi seperti ekspresi senang dan sedih. Film merupakan produk seni budaya yang dapat mengkomunikasikan kejadian dan fenomena lingkungan dimana ia dibuat. Perwujudan sebuah realitas kehidupan dapat dituangkan dalam sebuah film, pengaruh film sangat beragam dari pengaruh positif hingga pengaruh negatif. Tahun 2009 film realigi sangat mudah dijumpai film religi yang seolah-olah syarat akan budaya timur yang kental akan nilai-nilai agama ternyata masih banyak nilai-nilai budaya barat yang terdapat didalam film religi. Penerapan kekuasaan dan control oleh suatu kelas sosial terhadap kelas-kelas sosial yang ada menunjukkan bagaimana nilai budaya barat diadopsi. Fenomena tersebut menimbulkan kecurigaan pada peneliti bahwa film yang bertemakan religi tidak semuanya murni menggandung nilai-nilai timur akan tetapi tanpa disadari masih banyak yang syarat akan budaya barat. Menjadi suatu hal yang menarik bagi peneliti untuk dapat menginterpretatifkan film religi mampu menerapkan nilai budaya barat dalam beberapa tokoh dalam film ketika Cinta Bertasbih I Dari pemaparan diatas maka peneliti merumuskan permasalahan bagaimana bentuk nilai budaya barat dalam film Ketika Cinta Bertasbih I dan tujuan dari penetilian ini adalah mengetahui bentuk nilai budaya barat yang terdapat dalam film religi Ketika Cinta Bertasbih I. Teori yang digunakan dalam penelitian ini semiotik Ferdinan de sausure yang fokus untuk meneliti bagaimana bentuk nilai budaya barat. Sumber data yang dapat membantu penelitian ini adalah dari visulal dan audionya selanjutnya mendeskripsikan scene yang akan di analisis kemudian data yang diperoleh akan diinterpretasikan.Dengan demikian peneliti dapat menggetahui bentuk Nilai budaya barat dalam film Ketika Cinta Bertasbih I.Setelah proses diatas selesai peneliti dapat menggetahui hasil analisis. Dari hasil analisi menunjukkan dalam film religi Ketika Cinta Bertasbih I ini terdapat bentuk-bentuk nilai budaya barat yang dijadikan kiblat. Dalam film ini nilai budaya barat digambarkan melalui karakter tokoh seperti Kebebasan, feminism, cara berpakaian, bertingkah laku, gaya hidup hingga cara berfikir kritis. Bentuk-bentuk nilai budaya barat dalam film ini mampu menghapus gambaran lama bahwa film religi yang seolah-olah syarat akan budaya Timur tidak mengadopsi nilai barat. Pendekatan metode penelitian yang di gunakan adalah kulitatif dengan tipe penelitian interpretasi dimaksud untuk menginterpretasikan gambar dan pemahaman mengenai bentuk-bentuk nilai budaya barat. Semiotika senantiasa menyediakan kemungkinan interpretatif tidak terbatas. Maka dari itu dengan menggunakan metode interpretasi penelitian ini diharapkan mampu menjawab permasalahan secara detail, dan mendalam melalui pendekatan kualitatif gambaran yang menyeluruh mengenai bentuk nilai budaya barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 May 2016 03:15
Last Modified: 04 May 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29092

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo