UMM Institutional Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE GROUP RESUME DENGAN MEDIA TTSU ( TEKA TEKI SILANG UNIK) SISWA KELAS V SDN MULYOAGUNG 01 DAU MALANG

FITRIYAH, NUR (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE GROUP RESUME DENGAN MEDIA TTSU ( TEKA TEKI SILANG UNIK) SISWA KELAS V SDN MULYOAGUNG 01 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriya-30158-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriya-30158-2-bab1.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang mengindikasikan adanya kesulitan siswa SDN Mulyoagung 01 Dau Malang dalam memahami materi IPS yang disampaikan guru pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Banyaknya muatan materi pada mata pelajaran IPS, kesulitan memahami materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dikarenakan kurangnya pengembangan media pada pembelajaran IPS. Hal tersebut dapat dimengerti karena pada umumnya pembelajaran dilakukan secara klasikal, sehingga kurangnya interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan media TTSU pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, kelas V semester 2, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa terhada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan media TTSU, untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif yang merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dipilih siswa kelas V SDN Mulyoagung 01 Dau Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 2 siklus, berdasarkan hasil tes pemebelajaran siklus I diperoleh rata-rata nilai yaitu 70,8, kemudian rata-rata nilai pada tes akhir siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,3 Selain itu pula, bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan, sebanyak 54% siswa telah mencapai 70 meningkat menjadi 82%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:01
Last Modified: 04 May 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo