UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MARTOPURO V PASURUAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL MAKE A MATCH

RISTANTI, LITA DYAH (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MARTOPURO V PASURUAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL MAKE A MATCH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litadyahri-30159-1-pendahul-1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-litadyahri-30159-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari atas hasil observasi bahwa pembelajaran IPA di SDN Martopuro V Pasuruan masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, akibatnya siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada pemahaman dan hasi belajar siswa menjadi rendah, sehinggadapat dirumuskan tujuan pada penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Martopuro V Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di SDN Martopuro V Pasuruan siswa kelas IV yang terdiri dari 15 siswa tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi. Pada siklus pertama dilaksanakan pada 2 kali pertemuan, pertemuan pertama hanya penjelasan materi sedangkan pertemuan yang kedua menggunakan model pembelajaran Make a Match, pada siklus ke II hanya dalam waktu 1 kali pertemuan karena pada siklus ke II ini hanya mengulang materi dan juga tetap menggunakan model pembelajaran Make a Match. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match mengalami peningkatan, hal ini telihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match juga mengalami peningkatan, terlihat dari ketuntasan klasikal pada siklus I 63% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 03:00
Last Modified: 04 May 2016 03:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo