UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBERBULU I KABUPATEN PROBOLINGGO

PRIMAYU, LADY PANSA GIVIE (2012) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBERBULU I KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ladypansag-30160-1-pendahul-n.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ladypansag-30160-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Sumberbulu I Kabupaten Probolinggo. Hal ini terjadi karena pembelajaran berpusat pada guru yang menyebabkan siswa pasif dan kondisi kelas kurang kondusif, siswa sering merasa mengantuk dan bosan karena masih menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah. Hal tersebut menjadikan hasil belajar siswa menurun.Terlihat dari hasil ulangan harian siswa dari 16 siswa, sebanyak 10 siswa nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Peneliti ingin meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group investigation yaitu metode pembelajaran yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan yang tersedia seperti buku. Metode group investigation ini dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu penelitian yang dirancang untuk memperdayakan semua partisipan dalam proses (siswa, guru dan peserta lainnya) dengan maksud untuk meningkatkan praktik yang diselengarakan di dalam pengalaman pendidikan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan presentase 37,5% dan yang tidak tuntas belajar sebanyak 10 siswa dengan presentase 62,5% dan rata-rata kelas 57. Hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa dengan presentase 56,25% dan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa dengan presentase 43,75% dan nilai rata-rata kelas 69,5. Hasil belajar siswa kemudian meningkat pada siklus II dengan banyaknya siswa yang tuntas belajar yaitu sebanyak 13 siswa dengan presentase 81,25% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan presentase 18,75% dan rata-rata kelas mencapai 78,18. Minat siswa juga meningkat dengan banyaknya siswa menjawab aspek setuju dan tidak setuju. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode group investigation dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumberbulu I Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:56
Last Modified: 04 May 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29078

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo