UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG GLOBALISASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS 4 SDN KEBONSARI 2 MALANG

ARIANTIKA, ULFA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG GLOBALISASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS 4 SDN KEBONSARI 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfaariant-30161-1-pendahul-n.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfaariant-30161-2-babi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai siswa kurang dari 71, karena pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar mereka yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, yaitu 21 siswa yang belum tuntas dari 44 siswa di kelas 4A dan hanya 23 siswa yang tuntas (52,27%.), yang seharusnya diharapkan 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang memenuhi KKM dan ketuntasan belajar individu yaitu lebih dari 70. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang membuat mereka mudah memahami materi dan senang dalam belajar sehingga hasil belajar mereka meningkat lebih baik dari sebelumnya. Penelitian yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pemecahan masalah yang terdapat pada kelas 4A adalah menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, karena model pembelajaran ini menerapkan teknik mencatat seperti diagram yang menggabungkan gambar, garis, dan warna sehingga siswa dapat mudah memahami dan mereka juga dapat belajar dengan senang. Model pembelajaran ini sesuai dengan karakter anak pada SD, yaitu menyukai warna dan gambar. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping, menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus yang ditandai pada hasil siklus I prosentase ketuntasannya yaitu 77,27% dan pada siklus II prosentase ketuntasannya 95,45%. Kesimpulannya penelitian yang dilaksanakan berhasil atau memenuhi KKM yang sudah ditetapkan sekolah, yaitu 80%. Karena itu penerapan model pembelajaran Mind Mapping di kelas 4 SDN Kebonsari 2 Malang merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan hasil belajar PKN tentang globalisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:52
Last Modified: 04 May 2016 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo