UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN MISKIN (Di Desa Tanjung Kiaok Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura)

SUPRIADI, (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN MISKIN (Di Desa Tanjung Kiaok Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supriadi08-30047-1-pendahul-n.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supriadi08-30047-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Supriadi, 08630049, Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Masyarakat Nelayan Miskin (Di Desa Tanjung Kiaok Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura), Pembimbing I : Dwi Eko Waluyo, S.E, M.S.i. Pembimbing II : Dra. Dwi Susilowati, MM. Nelayan merupakan salah satu bagian dari anggota masyarakat yang mempunyai tingkat kesejahteraan paling rendah. Kemiskinan pada nelayan disebabkan karena keterbatasan kualitas sumber daya manusia nelayan, keterbatasan kemampuan modal usaha, hubungan kerja (pemilik perahu-nelayan buruh). Deskripsi di atas dialami oleh masyarakat nelayan Desa Tanjung Kiaok yang memiliki potensi laut yang melimpah. Namun, penduduknya masih rata-rata berada di bawah garis kemiskinan. Oleh karena itu, tidak jarang masalah ekonomi rumah tangga menjadi bagian dari problem yang tidak terpecahkan kalau hanya mengandalkan hasil dari tangkapan ikan dengan alat sekedarnya saja, apalagi cuaca yang kurang bersahabat juga menjadi ancaman bagi sirkulasi ekonomi rumah tangga masyarakat nelayan miskin kepulauan. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah pendidikan, teknologi, usia, jumlah tanggungan keluarga dan masa kerja berpengaruh pada pendapatan nelayan miskin di Desa Tanjung Kiaok Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura? Untuk menjawab rumusan masalah di atas maka peneliti menggunakan jenis penelitian analisis regresi linier berganda, yaitu merupakan regresi lebih dari dua variabel, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Berdasarkan pada hasil pembahasan dan analisis data, maka diketahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan nelayan miskin adalah faktor teknologi yang ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 5636,126 dan t-hitungnya sebesar 3,269, dan t-tabel dikethui sebesar 2,064. Sedangkan pendidikan t-hitungnya sebesar -0,454, jumlah tanggungan keluarga t-hitungnya sebesar 0,628, usia t-hitungnya sebesar -0,575, dan masa kerja t-hitungnya sebesar 1,879 tidak signifikan pengaruhnya terhadap pendapatan nelayan miskin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 May 2016 02:51
Last Modified: 04 May 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29074

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo