UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN KENONGO 01 KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG

Mukmin, Bagus Amirul (2012) PENGGUNAAN METODE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN KENONGO 01 KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagusamiru-30165-1-pendahul-n.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagusamiru-30165-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN Kenongo 01 Kecamatan Jabung Kabupaten Malang pada materi jenis-jenis tanah. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan memahami materi jenis-jenis tanah yang merupakan subbagian dari tanah. Pembelajaran jenis-jenis tanah di SDN Kenongo 01 ini cenderung berorentasi pada guru dan pelaksanaannya juga cenderung dilaksanakan secara klasikal, sehingga kurang menumbuh kembangkan kemampuan berfikir siswa. Berdasarkan hasil observasi penggunaan media dan alat peraga sangat jarang dilakukan oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN kenongo 01 kecamatan jabung kabupaten malang pada materi jenis-jenis tanah dengan penggunaan metode GI (Group Investigation). Data aktivitas dan hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan metode GI (Group Investigation) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 64% (cukup baik) di siklus 1, meningkat menjadi 83 % (baik) di siklus 2. (2) penggunaan GI (Group Investigation) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 25 siswa ada 19 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 76% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 24 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 96% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas secara klasikal dengan kriteria keberhasilan yaitu diatas 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:42
Last Modified: 04 May 2016 02:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo