UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 1 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

MAYASARI, SANTY SEVTIA (2012) PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 1 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-santysevti-30166-1-pendahul-n.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-santysevti-30166-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika tidak mudah tercapai dalam setiap selesai pelaksanaan pembelajaran di kelas. Selama ini matematika merupakan pelajaran yang tidak disenangi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 20, 21 dan 22 Maret 2012, diperoleh data tiga tahun terakhir, nilai ulangan semester 2 pada materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, hhanya mencapai nilai rata-rata 56, sedangkan jumlah prosentase siswa yang tuntas dalam materi ini hanya 48% nilai rata-rata 56 dan ketuntasan 48% ini masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika untuk kelas V yaitu 65. Setelah ditemukan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan mengetahui hasil penggunaan pendekatan kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 22 dan 24 Mei 2012 sedangkankan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 28 dan 31 Mei 2012 masing-masing dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 17 siswa. Proses dan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw pemahaman siswa terhadap sifat-sifat bangun datar masih kurang. Terbukti pada kondisi awal dari 21 siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2010-2011 hanya 10 siswa mendapat nilai 60 ke atas (48%). Setelah menggunakan pendekatan kooperatif model jigsaw maka pemahaman belajar siswa pada sifat-sifat bengun datar meningkat. Terbukti nilai pemahaman belajar dari kondisi awal 56 meningkat menjadi rata-rata 63 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi rata-rata75. Tingkat ketuntasan pemahaman belajar siswa pada kondisi awal yaitu 48% meningkat menjadi 59% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 88% pada siklus 2. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan dapat berdampak positif bagi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:39
Last Modified: 04 May 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo