UMM Institutional Repository

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IIIA SD Muhammadiyah 9 Malang

Yulianisah, (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IIIA SD Muhammadiyah 9 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulianisah-30167-1-pendahul-n.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yulianisah-30167-2-babi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil obersvasi, bahwa dari 30 siswa kelas IIIA SD Muhammadiyah 9 Malang belum mengalami ketuntasan belajar pada materi keliling, luas persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Berdasarkan hal tersebut, siswa tidak dapat mencapai KKM ya ng ditentukan oleh sekolah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menerapakan metode Qantum Teaching sebagai Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Kelas IIIA di SD Muhammadiyah 9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dan tempat penelitian in i di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jumlah siswa IIIA yaitu 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data -data dalam penelitian diperoleh dari hasil obeservasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara diskrifitif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I 56,7% siswa mencapai ketuntasan dalam materi keliling, luas persegi, persegi panjang dan 43,3 % belum mencapai ketuntasan dalam materi keliling, luas persegi dan persegi panjang. Sedangkan pada siklus II 83,3% siswa mencapai ketuntasan dalam materi keliling, luas per segi, persegi panjang dan 16,7% belum mencapai ketuntasan dalam materi keliling, luas persegi, pesegi panjang. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yang di ketahui dari hasil yang di peroleh dalam keliling, luas persegi dan persegi panjang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada kelas IIIA di SD Muhammadiyah 9 Malang Prestasi belajar matematika siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:36
Last Modified: 04 May 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29067

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo